Tidak Ada Kategori
SOAL KISI-KISI PCK PPG PRAJABATAN
1. Menurut Piaget, tahap perkembangan intelektual siswa sekolah menengah termasuk ke dalam tahap?
Jawaban yang benar: operasional formal
2. Dalam pembelajaran di kelas, terdapat beberapa siswa yang mampu menentukan banyaknya titik sudut pada bangun ruang berbentuk kubus dengan cara membayangkannya Potensi siswa tersebut dari aspek kecerdasannya tergolong ke dalam kecerdasan?
Jawaban yang benar: spasial-visual
3. Pembelajaran akan lebih efektif jika guru mengetahui terlebih dahulu karakteristik siswa terutama dari kemampuan awal yang dimilikinya. Berikut merupakan cara untuk menentukan kemampuan awal siswa, kecuali?
Jawaban yang benar: pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan testimoni tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan sebelumnya
4. Guru dapat mengetahui kesulitan belajar siswa jika mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Berikut merupakan ciri-ciri siswa yang mengalami kesulitan belajar atau dikatakan gagal dalam mengikuti pembelajaran, kecuali?
Jawaban yang benar: dalam batas waktu yang telah ditentukan, siswa tidak dapat menunjukkan perilaku yang menonjol sesuai dengan indikator-indikator yang telah dirumuskan
5. Bu Hasti adalah guru kelas VII SMP Sukajadi. Ia membelajarkan materi fungsi uang, Bu Popi menempuh langkah-langkah sebagai berikut: ▪ mengajukan pertanyaan tentang fungsi uang ▪ menugaskan siswa membaca berbagai sumber belajar tentang fungsi uang dan mencatatnya ▪ meminta beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya kemudian guru memberikan penguatan ▪ melaksanakan tes akhir Teori belajar yang paling menonjol diterapkan Bu Hasti tersebut adalah?
Jawaban yang benar: konstruktivisme
6. Pak Sardi akan mengajarkan suatu materi pembelajaran di kelas X. Pak Sardi akan menerapkan suatu model pembelajaran yang memungkinkan para peserta didik belajar dalam kelompok, tetapi Pak Sardi hanya membantu peserta didik yang mengalami kesulitan secara individual. Model pembelajaran yang sesuai adalah?
Jawaban yang benar: Team Assisted Individualization
7. Struktur materi ajar atau pengetahuan berupa prosedur fisik idealnya dapat disampaikan oleh guru dalam pembelajaran melalui metode?
Jawaban yang benar: demonstrasi
8. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh guru sebelum menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah?
Jawaban yang benar: merumuskan tujuan pembelajaran
9. Struktur materi pembelajaran yang paling sesuai untuk dikembangkan berdasarkan tujuan pembelajaran “melalui demonstrasi, siswa mampu menjelaskan cara membuat model kelinci menggunakan teknik origami dengan cermat” adalah?
Jawaban yang benar: prosedur
10. Berikut merupakan pernyataan yang paling tepat tentang bahan ajar yang dikembangkan oleh guru, kecuali?
Jawaban yang benar: Bahan ajar memuat seluruh struktur pengetahuan tanpa kecuali.
11. Salah satu alat penilaian sikap adalah penilaian diri (self assessment). Kegiatan yang dilakukan adalah?
Jawaban yang benar: meminta siswa untuk saling menilai terkait dengan sikap dan perilaku keseharian menggunakan lembar penilaian
12. Dalam pembelajaran, guru menemukan bahwa Siswa A selalu diam dan tidak memberikan jawaban apapun ketika ditanya oleh guru. Ketika diberikan kesempatan untuk bertanya, Siswa A terlihat malu-malu dan enggan untuk mengajukan pertanyaan. Tindakan reflektif yang paling tepat dapat dilakukan guru berkaitan dengan hal tersebut adalah?
Jawaban yang benar: segera merencanakan tindakan dan melaksanakannya, mengobservasi kembali siswa A dan menentukan penyelesaian masalahnya
13. Masalah-masalah berikut ini yang tepat dipecahkan melalui penelitian tindakan kelas adalah?
Jawaban yang benar: Seorang guru mendapati bahwa aktivitas belajar siswanya cukup rendah. Guru tersebut ingin memperbaiki kondisi itu melalui pembaharuan pembelajaran di kelas yang diampunya dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah
14. Hasil penilaian dari kajian terhadap kekurangan peserta didik digunakan untuk memberikan pembelajaran remedial dan perbaikan RPP serta proses pembelajaran yang dikembangkan guru untuk pertemuan berikutnya disebut penilaian?
Jawaban yang benar: Formatif
15. Di dalam standar proses pembelajaran dikemukakan bahwa” pembelajaran itu harus interaktif”. Maksud dari pembelajaran interaktif adalah?
Jawaban yang benar: Peserta didik dan guru sama-sama aktif dan kreatif
16. Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 bila diurutkan mencakup kompetensi?
Jawaban yang benar: Sikap, pengetahuan,dan keterampilan secara terpadu
17. Dalam Kurikulum Merdeka, tujuan pembelajaran untuk suatu mata pelajaran dijabarkan langsung dari:
Jawaban yang benar: Capaian Pembelajaran
18. Penilaian yang dilakukan dengan kalimat positif tentang aspek; melaporkan tugas yang diberikan, aktif bergaul bersama teman dan guru, menghasilkan karya yang estetis, menjalankan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat, kemampuan bertanya dengan bahasa yang jelas, logis, dan sistematis termasuk penilaian?
Jawaban yang benar: Sikap sosial
19. Model pembelajaran yang tepat agar siswa mengorganisasi sendiri pengetahuannya adalah?
Jawaban yang benar: Discovery Learning
20. Langkah yang pertama pada tahap persiapan menulis PTK adalah?
Jawaban yang benar: Menemukan masalah pembelajaran
21. Pak Amir mengajar menggunakan media gambar, foto, yang dilengkapi video yang menampilkan masalah-masalah social, kelaparan, dan kemiskinan di suatu daerah, kenakalan remaja, akibat bencana alam dan lain sebagainya Kemampuan yang akan diaktualisasikan Pak Amir dalam pembelajaran tersebut adalah?
Jawaban yang benar: memahami masalah-masalah social yang terjadi di sekitarnya
22. Berdasarkan pemerolehan bahasa anak dan tingkat kesulitannya, keterampilan Bahasa yang pertama kali diperoleh anak adalah keterampilan berbahasa?
Jawaban yang benar: berbicara
23. Hasil belajar mapel yang belum mencapai KKM/KKTP perlu dilakukan?
Jawaban yang benar: Remedial
24. Indikator soal: ‘Menyebutkan tempat-tempat penjualan produk hasil home industry. Butir soal yang disusun adalah?
Jawaban yang benar: Sebutkan tempat-tempat pemasaran home industry!
25. Dari sejumlah siswa dalam satu kelas, tidak ada satupun yang bisa menjawab soal tertentu pada seperangkat tes, sehingga tujuan pembelajaran telah ditetapkan tidak tercapai. Oleh karena itu guru harus melihat kembali kesesuaian antara?
Jawaban yang benar: Soal dengan indicator pencapaian
26. Untuk memperjelas pesan dan mudah diterima para siswa, Ibu Dewi menggunakan media gambar dan video agar siswa mengamati, mencermati dan dapat menceritakan kembali isi pesan yang ada dalam gambar dan video tentang silsilah keluarga dengan benar. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah?
Jawaban yang benar: aspek nilai dan sikap
27. Pak Aswan mengajar tentang masalah-masalah yang ada di lingkungan setempat dengan model pembelajaran kooperatif. Pak Aswan ingin menilai bagaimana siswa menyampaikan pendapat, menanggapi pendapat temannya dalam diskusi. Penilaian yang dilakukan Pak Aswan adalah?
Jawaban yang benar: Proses
28. Refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat dilakukan melalui?
Jawaban yang benar: Deskripsi
29. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan ketrampilan proses peserta didik adalah?
Jawaban yang benar: tes unjuk kerja dan tes tertulis
30. Pertanyaan guru: ‘Apa perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan?’. Jika pertanyaan tersebut diajukan di akhir pembelajaran, maka akan berfungsi sebagai untuk?
Jawaban yang benar: mengecek pemahaman siswa
31. Contoh perilaku menyimpang sebagai akibat dari proses sosialisasi dengan nilai-nilai budaya menyimpang adalah?
Jawaban yang benar: menjadi pemabuk karena bergaul dengan pemabuk
32. Vygotsky mengemukakan prinsip bahwa kemampuan kognitif berasal dari hubungan social dan kultur. Model pembelajaran yang tepat diaplikasikan berdasarkan prinsip tersebut adala?
Jawaban yang benar: Kooperatif
33. Di bawah ini yang TIDAK merupakan prinsip-prinsip penyusunan RPP adalah?
Jawaban yang benar: berpusat pada guru
34. Upaya memotivasi siswa untuk bertanya dapat dilakukan melalui beberapa cara, kecuali?
Jawaban yang benar: mewajibkannya bertanya
35. Dalam ulangan harian, guru menemukan seorang siswa mengerjakan soal dengan cara yang berbeda dari cara pengerjaaan guru. Sikap dan tindakan guru yang paling tepat terhadap temuan tersebut adalah:
Jawaban yang benar: menghargai kreativitas siswa dengan cara mengklarifikasi jawabannya
36. Pak Riyand , seorang guru SMA, menerapkan metode Cooperative Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaranny Dengan demikian para siswa aktif bertanya, belajar kelompok, melakukan penyelidikan, serta membangun pengetahuan dan pemahamannya sendiri. Pembelajaran demikian merupakan aplikasi dari teori belajar?
Jawaban yang benar: Konstruktivisme
37. Berikut ini pernyataan yang benar tentang persoalan yang dipermasalahkan dalam penelitian tindakan kelas, kecuali?
Jawaban yang benar: masalah bukan berasal dari hasil penelitian terdahulu
38. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru ketika menerapkan model pembelajarn berbasis proyek. Manakah dari pernyataan-pernyataan berikut yang menurut anda kurang tepat tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek?
Jawaban yang benar: guru menetapkan satu topik proyek yang sesuai dengan tema
39. Yang tidak termasuk bentuk penilaian otentik adalah?’
Jawaban yang benar: tes hasil belajar
40. Tujuan pembelajaran adalah ‘siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir dan menulis. Jenis penilaian yang dikembangkan guru adalah?
Jawaban yang benar: tugas
41. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan?
Jawaban yang benar: kemampuan interaksional
42. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
Jawaban yang benar: kemampuan untuk memecahkan masalah
43. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia….
Jawaban yang benar: 7 - 11/12 tahun
44. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
Jawaban yang benar: Emosional
45. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan…
Jawaban yang benar: Sosial-emosional
46. Peserta didik telah memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spiritual pada tahapan…
Jawaban yang benar: Penalaran pascakonvensional
47. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral….
Jawaban yang benar: Konvensional
48. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal….
Jawaban yang benar: Mengaktualisasikan diri
49. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor….
Jawaban yang benar: Emosional dan kepribadian
50. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/gangguan belajar dalam hal….
Jawaban yang benar: Gangguan simbolik
51. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah….
Jawaban yang benar: Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
52. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah….
Jawaban yang benar: Behaviorisme
53. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
Jawaban yang benar: Konstruktivisme
54. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
Jawaban yang benar: Humanistik
55. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan di atas sejalan dengan teori belajar ….
Jawaban yang benar: Konstruktivisme
56. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar….
Jawaban yang benar: Kognitivisme
57. Seorang guru animasi ingin mengajarkan siswanya tentang prinsip-prinsip dasar animasi 2D. Guru tersebut ingin menggunakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar. Manakah dari strategi pembelajaran berikut yang paling tepat untuk digunakan?
Jawaban yang benar: Pemecahan masalah dengan proyek
58. Ada siswa yang kurang bergairah belajar di kelas anda. Terkait dengan hal ini, tindakan yang anda lakukan sebagai guru adalah.......
Jawaban yang benar: Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara membangkitkan semangat belajarnya.
59. Dalam pembelajaran SMK, materi pelajaran harus dikaitkan dengan konteks dunia kerja untuk meningkatkan relevansi dan motivasi peserta didik. Manakah strategi pembelajaran yang paling tepat untuk menerapkan prinsip ini?
Jawaban yang benar: Kunjungan industri dan observasi langsung di tempat kerja
60. Asesmen di SMK harus berorientasi pada keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Manakah jenis asesmen yang paling sesuai dengan prinsip ini?
Jawaban yang benar: Penilaian proyek yang melibatkan demonstrasi keterampilan dan penyelesaian masalah
61. Pembelajaran di SMK harus berpusat pada peserta didik dan mendorong partisipasi aktif mereka dalam proses belajar mengajar. Manakah strategi pembelajaran yang paling tepat untuk menerapkan prinsip ini?
Jawaban yang benar: Pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan presentasi hasil
62. Asesmen di SMK harus berkelanjutan dan informatif untuk memberikan umpan balik yang bermanfaat bagi peserta didik. Manakah jenis asesmen yang paling sesuai dengan prinsip ini?
Jawaban yang benar: Penilaian formatif yang dilakukan secara berkala selama proses pembelajaran
63. Pembelajaran di SMK harus fleksibel dan menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan individu peserta didik. Manakah strategi pembelajaran yang paling tepat untuk menerapkan prinsip ini?
Jawaban yang benar: Pembelajaran diferensiasi dengan materi dan metode pembelajaran yang bervariasi
64. Asesmen di SMK harus melibatkan berbagai metode untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang kemajuan belajar peserta didik. Manakah kombinasi metode asesmen yang paling tepat untuk mencapai tujuan ini?
Jawaban yang benar: Ujian tertulis, penilaian proyek, dan penilaian portofolio
65. Pembelajaran di SMK harus memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik. Manakah jenis media pembelajaran yang paling tepat untuk digunakan dalam pembelajaran SMK?
Jawaban yang benar: Semua jawaban benar
66. Manakah dari berikut ini yang bukan merupakan langkah yang tepat untuk memastikan transparansi asesmen di SMK?
Jawaban yang benar: Menjelaskan kriteria penilaian secara lisan kepada peserta didik tanpa memberikan panduan tertulis.
67. Mengapa melibatkan pihak eksternal dalam proses penilaian, seperti industri atau pakar di bidang terkait, dapat membantu meningkatkan objektivitas asesmen?
Jawaban yang benar: Semua jawaban benar.
68. Bagaimana cara pemberian kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan klarifikasi tentang penilaian dapat meningkatkan akuntabilitas guru dalam proses asesmen?
Jawaban yang benar: Semua jawaban benar.
Komentar
Posting Komentar